TELKOM MELAKUKAN TRANSAKSI DENGAN NILAI PALING BESAR DI PADI UMKM VIRTUAL EXPO 2021

TELKOM MELAKUKAN TRANSAKSI DENGAN NILAI PALING BESAR DI PADI UMKM VIRTUAL EXPO 2021

 

PaDi UMKM Virtual Expo 2021 yang diselenggarakan oleh platform pengadaan barang dan jasa BUMN ini menghadirkan produk vendor UMKM terpilih dan unggul yang telah dikurasi oleh tujuh organisasi atau instansi pengampu UMKM yang kredibel yaitu HIPMI, IWAPI, NU, Muhammadiyah, Dekranas, Bhayangkari, dan kementerian koperasi dan UKM. Kolaborasi antara BUMN dengan para pengampu UMKM diharapkan dapat mendorong terwujudnya “UMKM Tangguh Indonesia Maju” yang dapat mendukung kemajuan ekonomi di Indonesia.

Platform pengadaan barang dan jasa BUMN ini membuat sebuah acara berbasis online yang diselenggarakan tepat di bulan Februari 2021 yaitu ditanggal 15-22 Februari 2021. Acara ini merupakan sebuah pameran dengan terobosan terkini berbasis digital yang aman, sehat dan produktif terutama dalam masa pandemic saat ini. Program ini diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan didukung oleh Sembilan BUMN ini, menjadi wadah bagi UMKM agar aspirasinya lebih bisa didengar dan dikenal oleh pihak pemerintah khususnya BUMN, yang mana merupakan pihak yang selalu membutuhkan pemenuhan barang maupun jasa. Tentunya hal ini akan membuka peluang secara besar-besaran bagi UMKM untuk memperoleh kegiatan transaksi dan kesempatan menjalin kemitraan bersama BUMN.

Dengan adanya PaDi UMKM Virtual Expo 2021 pada platform pengadaan barang dan jasa BUMN ini diharapkan BUMN juga dapat memperoleh informasi alternatif pilihan barang dan jasa UMKM yang lebih variatif baik dari segi jenis produk, spesifikasi, kualitas, hingga harga yang comparable. Kemudian harapannya secara ekonomi dan social BUMN dapat membantu peningkatannya termasuk melalui wadah PaDi UMKM Virtual Expo 2021.

Selama pameran berlangsung di Platform digital pengadaan barang dan jasa Pemerintah ini, para Buyer melakukan transaksi, negosiasi, dan interaksi secara online kepada para pelaku usaha UMKM yang menggunakan fasilitas kepesertaannya di PaDi UMKM Virtual Expo 2021 oleh 7 organisasi pengampu yaitu HIPMI, DEKRANAS, Bhayangkari, Kementerian KUKM, Nahdhatul Ulama, Muhammadiyah dan IWAPI.

Berdasarkan kelompok buyer, lima transaksi dengan total nilai terbesar yang dibukukan oleh kelima BUMN yaitu PT Telkom Indonesia Tbk senilai Rp. 861 Juta, Pt Pembangunan Perumahan senilai Rp. 636 Juta, Pt Pegadaian Persero senilai Rp. 503 Juta, PT Waskita Karya Persero senilai Rp. 477 Juta, dan PT Pertamina Persero mencapai Rp. 397 Juta.

Kehadiran platform digital pengadaan barang dan jasa pemerintah yang meluncur pada Agustus 2020 ini membawa kabar bahagia untuk para pelaku usaha UMKM agar memiliki semangat dan tekad mandiri dengan hal yang berbau digitalisasi dengan memanfaatkan marketplace Pasar Digital milik KBUMN ini. Pasar digital ini memiliki target untuk membantu UMKM agar go digital dan nantinya platform ini menjadi wadah belanja barang dan jasa BUMN sekaligus memajukan ekonomi Indonesia kedepannya.

PaDi UMKM yang memiliki sistem pengadaan barang dan jasa pemerintah bertujuan memberikan edukasi serta mendekatkan diri dengan para UMKM baik yang belum mendaftar maupun yang sudah mendaftar dimana mereka akan terbiasa untuk berdagang secara digital. Dengan pasar belanja yang pasti diharapkan UMKM akan lebih semangat untuk berdagang secara online di Platform digital pengadaan barang BUMN ini terutama untuk bertahan selama masa pandemi berlangsung.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *