Mengenal Fancy Color Diamond untuk Kalung Berlian Mewah

Kalung dengan berlian memiliki desain yang sangat beragam, mulai dari desain simpel hingga mewah. Kalung berlian mewah biasanya digunakan untuk ke pesta atau acara penting lain karena harganya yang mahal dan desainnya yang rumit. Selain desain rumit, biasanya kalung mewah menggunakan fancy color diamond untuk meningkatkan nilainya. Apa sebenarnya fancy color diamond? Temukan jawabannya pada artikel ini!

Mengenal Fancy Color Diamond

Berlian paling umum di pasaran adalah berlian berwarna putih. Sedangkan fancy color diamond mengacu pada semua berlian berwarna selain putih. Penilaian warna pada berlian berwarna berbeda dengan berlian putih. Jika warnanya semakin intens, biasanya harga fancy color diamond semakin mahal.

Penilaian warna berlian putih ditentukan dengan skala D sampai dengan Z, sedangkan berlian berwarna mulai dari warna pudar hingga fancy dark. Dari semua fancy color diamond yang ada, berlian merah adalah yang paling langka dan mahal.

Macam-Macam Fancy Color Diamond

Berikut ini adalah macam-macam fancy color diamond pada kalung berlian yang mungkin belum Anda ketahui:

  • Berlian kuning

Berlian kuning termasuk fancy color diamond yang populer. Munculnya warna kuning tersebut akibat unsur nitrogen yang ada di dalamnya. Semakin banyak nitrogen, warna kuningnya akan semakin pekat. Setiap berlian asli warna kuning ini unik. Jarang ditemukan dua berlian kuning dengan warna yang sama.

  • Berlian oranye

Sumber warna yang dimiliki oleh berlian oranye mirip dengan berlian kuning yaitu adanya unsur nitrogen di dalamnya. Namun warnanya menjadi berbeda karena pengelompokan atom yang berbeda saat proses pembentukannya. Ada susunan yang disebut dengan hyper-spesific pada berlian orange. Penyerapan cahaya kuning dan biru sedikit sehingga warnanya menjadi oranye.

  • Berlian hitam

Berdasarkan informasi dari GIA, warna hitam dari berlian ini terjadi akibat tingginya tingkat inklusi atau awan inklusi mineral. Contohnya seperti pyrite, graphite, dan juga hematite. Unsur-unsur tersebut membentang di seluruh bagian dari batu permata. Jenis berlian ini masih jarang diaplikasikan pada kalung.

  • Berlian ungu

Warna cantik ini terdiri dari tiga yaitu fancy light, fancy, dan fancy intense. Warna yang ada pada fancy intense ungu pekat dan sangat terlihat nuansa ungunya. Warna ungu pada berlian dihasilkan dari campuran boron dan hidrogen di dalam batu. Selain itu, warna tersebut juga muncul akibat tekanan tinggi di dalam mantel Bumi selama proses pembentukannya.

  • Berlian pink

Berlian pink atau merah muda termasuk fancy color diamond yang populer. Banyak sekali kalung mewah yang menggunakan berlian ini karena tampak cantik dan feminin. Selain kalung pink diamond juga digunakan pada cincin mewah. Menurut ilmuwan, warna pink tersebut muncul akibat guncangan seismik, suhu pans, dan tekanan ekstensif. Akibatnya berlian pink menjadi salah satu berlian paling langka.

  • Berlian merah

Jenis fancy color diamond terakhir yang perlu Anda ketahui yaitu berlian merah. Red diamond atau berlian merah adalah berlian paling mahal dan langka di dunia. Tidak ada campuran di dalamnya yang menyebabkan warnanya menjadi merah. Warna merah tersebut terbentuk dari perubahan struktur atom berlian. Selain itu, suhu panas dan tekanan ekstensif juga mengubah warnanya.

Itulah pembahasan mengenai fancy color diamond untuk kalung berlian mewah. Jika mencari kalung mewah, Mondial juga menawarkannya untuk Anda. Ada banyak koleksi seperti Jubilee, Jovial, The Gala, dan lain sebagainya. Selain berlian berwarna, brand ini memiliki koleksi batu permata lain seperti batu safir. Kemewahan dan kemegahan akan semakin sempurna dengan desain yang mereka miliki. Lebih lengkapnya mengenai koleksi Mondial bisa langsung Anda lihat pada website www.mondialjeweler.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *