jagung

Ketahui Cara Mengolah Jagung dengan Benar Agar Tidak Kehilangan Nutrisinya

Jagung merupakan salah satu biji-bijian yang juga banyak dijadikan sebagai makanan pokok masyarakat di Indonesia. Namun sekarang ini varietas dari jagung sendiri juga jadi semakin banyak dan tentunya memiliki cita rasa yang berbeda-beda. Jagung bisa dibuat menjadi beragam jenis hidangan nikmat. Bahkan jika dilihat beberapa waktu belakangan ini ada cukup banyak diantara makanan kekinian yang nyatanya juga menjadikan jagung (link ke ) sebagai bahan utama pembuatannya.

 

Tips Mengolah Jagung dengan Tepat

Sering kali memang salah kaprah masyarakat dalam mengolah atau memasak jagung membuat beragam kandungan gizi yang ada didalamnya ikut hilang. Untuk itulah maka penting sekali bagi Anda mengetahui bagaimana tips pengolahannya dengan tepat berikut ini, yaitu:

  1. Sebaiknya cuci jagung di bawah air mengalir. Jangan merendam jagung terlalu lama, karena hal ini selain bisa menghilangkan kandungan gizi yang ada didalamnya. Mengingat beberapa jenis vitamin bisa larut dalam air. Sebaiknya cuci di bawah guyuran air mengalir.
  2. Lebih baik dipipil dibandingkan dengan menyerutnya, hal ini dikarenakan ketika Anda menyerut jagung tersebut, maka akan lebih banyak sari-sari jagung kaya akan manfaat yang hilang dari dalamnya. Sehingga akan lebih aman untuk memipilnya.
  3. Perhatikan waktu dalam merebus jagung, apalagi jika seandainya ia adalah jagung manis, tentunya tak butuh waktu lama untuk perebusan, cukup sekitar 5 hingga 10 menit saja ketika sudah dikupas dan ini sudah membuatnya lunak.
  4. Jangan terlalu lama merebus jagung, membuarkan jagung direbus terlalu lama juga bukan hal yang baik, karena ini bisa membuat kandungan nutrisi yang ada didalamnya menghilang.

 

Tips Membuat Jagung Rebus Lebih Manis Rasanya

Bagi Anda yang suka dengan hidangan jagung rebus, untuk membuat rasanya lebih manis, maka bisa mencoba beberapa cara berikut ini, yaitu:

  1. Pilihlah jagung manis, selain lebih cepat perebusannya, maka jagung jenis ini juga memiliki rasa yang lebih manis dari jagung biasa.
  2. Jika ingin rasa dan aroma yang lebih sedap, maka Anda bisa merebus jagung bersamaan dengan kulitnya.
  3. Tambahkan air rebusan jagung tersebut dengan daun ganyong, karena memang keberadaan dari daun yang satu ini akan menambah aroma dari jagung rebus Anda tersebut.
  4. Anda juga dapat menambahkan sedikit air perasan jeruk nipis dalam air rebusan jagung tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan cita rasanya semakin manis. Karena memang asam yang ada didalamnya nanti akan menyebabkan hidrolisis karbohidrat yang akan menghasilkan gula fruktosa sehingga rasanya lebih manis.

 

Keuntungan Belanja Lewat TaniHub

Di zaman modern seperti sekarang ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau belanja memang tidak sulit, karena Anda bahkan bisa melakukannya secara online lewat aplikasi dari TaniHub. TaniHub termasuk sebagai salah satu platform ecommerce berbasis aplikasi yang secara khusus menjual beragam produk hasil pertanian kepada masyarakat. Tentunya banyak keuntungan belanja disini, yaitu:

  1. TaniHub selalu menyediakan produk hasil panen yang masih fresh, karena langsung didapatkan dari para petani di Indonesia.
  2. Layanan pengantaran yang super cepat untuk memastikan bahwa kondisi barang sampai ke tangan konsumen dalam kondisi masih segar juga.
  3. Ada banyak tawaran promo istimewa, selalu ada promo menarik setiap harinya yang memungkinkan Anda nantinya bisa mendapatkan harga terjangkau.
  4. Belanja disini sama artinya dengan ikut serta dalam memajukan pertanian lokal, karena Anda sudah membeli produk hasil panen mereka.

Jadi langsung saja download aplikasinya dan gunakan.

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *