Dampak Buruk Dari Tidur Setelah Sahur Dan Tips Agar Tidak Mengantuk Setelah Sahur

Apakah Anda bertanya-tanya kenapa tidak boleh tidur setelah sahur? Pasti dari Anda para pembaca pernah mengalami bahkan melakukan yang namanya tidur setelah melakukan sahur. Alasan tertidur setelah sahur yaitu karena masih mengantuk setelah menjalani sahur. Hal ini biasa dialami disaat awal-awal bulan puasa dimana badan atau tubuh Anda belum terbiasa untuk bangun lagi setelah melakukan sahur. Seharusnya memang setelah sahur melakukan kegiatan sholat Subuh dan bukannya tidur.

Namun tahukah Anda bahwa melakukan tidur setelah makan sahur itu tidak bagus bahkan tidak baik untuk kesehatan pencernaan. Berikut penjelasannya untuk disimak.

 

Dampak Buruk Dari Tidur Setelah Sahur

Bila Anda bertanya apakah boleh tidur langsung setelah sahur? Jawabannya sudah tentu tidak boleh! Kenapa tidak boleh? Orang yang melakukan tidur setelah sahur rentan sekali terkena gangguan pencernaan. Penjelasannya seperti ini, ketika Anda tidur setelah sahur, proses metabolisme dalam tubuh akan berjalan lebih lambat dari sebelum Anda tertidur.

Yang artinya pengolahan makanan serta nutrisi menjadi tidak sempurna yang akhirnya karbohidrat nanti bukannya menjadi energi melainkan menjadi tumpukan lemak yang tentunya jika terus menerus dilakukan akan berimbas pada bertambahnya berat badan tubuh. Tubuh Anda juga akan menjadi lemas saat berpuasa karena dampak dari gangguan metabolisme tadi.

Jika Anda beralasan bahwa hanya tiduran atau berbaring setelah sahur, itu juga mengakibatkan dampak yang buruk untuk tubuh. Hal ini karena posisi berbaring setelah sahur alias makan dapat membuat makanan yang masih berada di lambung menjadi naik ke kerongkongan. Makanan tersebut mengandung asam lambung karena sedang dalam proses cerna. Asam lambung yang naik ke kerongkongan merusak kerongkongan yang akibatnya dapat menyebabkan rasa tidak nyaman diperut hingga ke heartburn.

 

Tips Agar Tidak Mengantuk Setelah Sahur

Jika Anda terus saja mengalami ngantuk setelah selesai makan sahur, mungkin beberapa tips dibawah ini bisa Anda coba supaya Anda tidak lagi tertidur setelah sahur.

  • Minum Air Putih

Tips yang pertama dilakukan saat sahur. Disarankan untuk meminum air putih disaat sahur supaya nantinya cairan dalam tubuh terpenuhi saat menjalankan puasa. Air putih memiliki fungsi untuk mengalirkan oksigen ke otak yang artinya oksigen teralirkan dengan baik ke seluruh tubuh. Jika oksigen mengalir dengan baik maka badan akan lebih segar dan Anda tidak akan mudah mengantuk.

 

  • Berwudhu dengan air dingin

Tentunya Anda tahu bahwa setelah sahur adalah jadwal kita umat muslim untuk menunaikan ibadah sholat Subuh. Tips yang kedua untuk Anda supaya tidak tertidur yaitu adalah berwudhu dengan air dingin, Air dingin yang jatuh mengenai kulit seperti memberikan sinyal atau setruman pada tubuh untuk bangun dari kantuk yang berat.

 

  • Mandi Air Dingin

Setelah Anda melakukan tips yang kedua namun Anda masih juga merasa ngantuk sebaiknya coba tips yang kedua ini yaitu mandi denga air dingin. Sama halnya dengan berwudhu namun jika mandi dengan air dingin tentunya air mengguyur seluruh tubuh dann membuat Anda menjadi tidak akan mengantuk lagi. Hal ini juga bagus dilakukan untuk Anda yang harus beraktivitas di pagi hari seperti bersekolah atau bekerja.

 

  • Lakukan Aktivitas

Jika Anda sedang tidak memiliki aktivitas seperti bekerja atau bersekolah, cobalah mencari aktivitas kesukaan Anda di pagi hari supaya badan Anda bergerak. Aktivitasnya bisa menyiram tanaman, membaca buku, menonton TV, menjalankan hobi Anda dan lain sebagainya.

 

Sekian penjelasan tentang dampak buruk dari tidur setelah sahur dan tips suoaya Anda tidak tertidur setelah sahur. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *