5 Manfaat Buah Kelengkeng untuk Tubuh, Khasiatnya Luar Biasa

Buah kelengkeng tak hanya bercita rasa manis dan legit, namun juga mendatangkan berbagai kebaikan bagi tubuh. Manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan mulai dari sumber vitamin C hingga mengontrol tekanan darah.

Buah berbentuk bulat yang mudah ditemukan ini termasuk jenis yang tumbuh subur di iklim tropis Asia, dan cocok dijadikan camilan sehat. Kandungan gizinya pun beragam, mulai dari serat hingga vitamin.

Lantas apa saja manfaat buah berwarna coklat ini bagi kesehatan tubuh? Di balik rasa manisnya, simak kebaikan buah kelengkeng bagi tubuh di bawah ini :

 

Manfaat Buah Kelengkeng untuk Tubuh

Meskipun berukuran cukup kecil, siapa sangka buah rendah karbohidrat dan rendah kalori ini menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja? Berikut penjelasan lengkapnya :

  • Sumber Vitamin C

Buah kelengkeng rupanya menjadi sumber vitamin C, karena setara dengan 140 persen asupan harian yang disarankan. Mengonsumsi ½ mangkuk kelengkeng dapat memenuhi 80 persen asupan vitamin C harian.

Sehingga tak heran kelengkeng dapat menjadi sumber vitamin C yang baik bagi tubuh. Selain kaya vitamin C, buah ini juga mengandung vitamin B1, B2, dan B3.

  • Melawan Radikal Bebas

Kelengkeng rupanya mengandung asam elagat dan asam galat yang merupakan antioksidan, dan berperan penting untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh. Seperti yang telah diketahui, terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh dapat memicu penyakit.

  • Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan pada buah kelengkeng yang bisa menetralkan radikal bebas tubuh rupanya juga dapat membantu mencegah penuaan dini, seperti mengurangi bintik hitam, kerutan, hingga bekas jerawat di wajah.

Bahkan para ahli berpendapat jika mengonsumsi buah kelengkeng juga dapat membantu wajah terlihat lebih cerah, berkat kandungan vitamin B, vitamin C, serta antioksidannya.

  • Menjaga Berat Badan

Manfaat buah kelengkeng selanjutnya adalah menjaga berat badan agar tetap ideal. Pasalnya kelengkeng tinggi akan serat, sehingga mampu memberikan efek kenyang lebih lama dan ampuh untuk mencegah makan berlebihan.

Berkat kandungan seratnya yang tinggi tersebut buah kelengkeng dapat dijadikan menu diet sehari-hari yang menyehatkan. Selain itu kelengkeng rendah kalori, karena di dalam 100 gram kelengkeng hanya mengandung 200 kalori.

  • Mengontrol Tekanan Darah

Buah kelengkeng juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah, karena kaya akan potasium dan kalium. Dua zat tersebut berperan penting mengontrol tekanan darah tinggi penyebab penyakit seperti stroke.

 

Perhatikan Hal Ini Sebelum Mengonsumsi Buah Kelengkeng

  • Sebelum dikonsumsi, cuci buah kelengkeng hingga bersih di bawah air mengalir. Pasalnya jika tidak dibersihkan terlebih dahulu, zat berbahaya atau kuman yang menempel pada kulit dapat menyebabkan penyakit ketika masuk ke tubuh.
  • Pilih buah yang memiliki kondisi baik, tidak busuk, dan tidak berubah warna.
  • Bagi penderita diabetes, perlu berhati-hati mengonsumsi buah ini karena tinggi akan gula.
  • Konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu apabila ingin mengonsumsi kelengkeng secara rutin.

 

Itulah artikel gizi tentang manfaat buah kelengkeng bagi tubuh. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *