3 Ide Dekor Ruangan dengan Bunga Kembang Sepatu

Siapa yang tidak tahu bunga kembang sepatu? Bunga ini sering ditemukan di seluruh wilayah Indonesia dengan ciri bunga seperti terompet dan pada bagian ujung tangkai putik terdapat serbuk sari. Warna bunga tanaman ini umumnya adalah warna merah terang mencolok, putih, kuning, dan merah muda. Karena keindahannya, bunga ini cocok digunakan sebagai dekor/hiasan ruangan.

1.      Menjadikan Vas Bunga

Hiasan pertama yang bisa Anda coba adalah menjadikan bunga ini sebagai vas bunga. Warna merah terang yang mencolok sangat bagus diletakkan pada dinding dengan warna kalem seperti putih. Anda bisa membuatnya dengan memetik/beli bunga kembang sepatu.

Gunting bagian bawah bunga dan hilangkan daun di bawah batas air. Beri campuran gula dan cuka dengan air dalam vas sebelum meletakkan bunga untuk membuat bunga lebih tahan lama dan segar. Susun bunga di dalam vas sesuai dengan keinginan Anda.

2.      Hiasan Resin Bunga Kembang Sepatu

Resin sering menjadi pilihan simpel untuk membuat hiasan pajangan. Hiasan pajangan tentunya akan membuat ruangan terasa lebih hidup dan tidak kosong. Untuk membuat resin ini, Anda bisa menyiapkan resin, katalis resin, cetakan, bunga kembang sepatu (bisa ditambahkan dengan tangkai dan daun), serta hiasan lainnya.

Pertama siapkan cetakan terlebih dahulu. Cetakan ini bisa Anda buat sendiri dengan mika atau membelinya. Susun bunga dan hiasan di dalamnya. Pastikan untuk membuatnya menghadap ke bawah. Dalam wadah lainnya, masukkan resin dan katalis dengan rasio sesuai petunjuk penggunaan resin. Aduk secara perlahan agar tidak menghasilkan gelembung.

Tuang resin ke dalam cetakan hingga penuh. Pastikan bahwa objek di dalam cetakan tidak berubah setelah penuangan resin. Tunggu 5-15 menit hingga resin mengeras. Setelah itu, Anda bisa melepas cetakan. Untuk membuatnya bening dan bersih sempurna, Anda bisa mencucinya dengan pasta gigi.

3.      Bonsai Bunga Kembang Sepatu

Membuat dekor bunga alami dalam ruangan bukan hal yang tidak mungkin. Tanaman bonsai bisa dijadikan dekor ruangan yang unik nan estetik. Anda bisa membuat tanaman bonsai sendiri dengan metode stek air.

Pertama siapkan batang tanaman. Potong batang hingga beberapa bagian dan rapikan potongan pangkal dengan pisau untuk mencegah busuknya bahan. Masukan batang yang sudah dipotong ke dalam wadah yang sudah diisi air. Tunggu beberapa hari dan pastikan tidak kehabisan air hingga muncul daun baru dan akar.

Siapkan pot yang diisi tanah dan kompos. Pindahkan tanaman bonsai tersebut ke dalam pot. Rawat tanaman bonsai hingga bunganya muncul dan bonsai kembang sepatu pun sudah selesai. Proses ini bisa membutuhkan waktu hingga 1 bulan.

Itu dia dekor atau hiasan dengan kembang sepatu yang bisa Anda coba. Artikel menarik lainnya bisa Anda baca di Orami Magazine. Orami Magazine menyediakan berbagai artikel terpercaya mulai dari kesehatan, home & living, dan lain-lain. Nikmati kemudahan membaca di Orami Magazine.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *